FAQ MRT RUN 2020

1. Kapan MRT RUN 2020 akan diselenggarakan?

MRT RUN 2020 akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 21 Maret 2020.

2. Di mana lokasi MRT RUN 2020 diselenggarakan?

Lokasi Race Central adalah di Plaza Timur, GBK, Senayan, Jakarta Pusat. Adapun rute akan melintasi ruas jalan di mana terdapat sejumlah stasiun MRT Jakarta, yakni Stasiun Blok M BCA, Stasiun ASEAN, Stasiun Senayan, dan Stasiun Istora Mandiri.

3. Apa saja kategori yang diperlombakan?

Terdapat tiga (3) kategori jarak yang akan dilombakan: yaitu 10K, 5K, dan 2,5K, dengan kategori usia umum, master 45+ (di atas 45 tahun atau telah mencapai 45 tahun pada saat berlangsungnya lomba), dan famili.

4. Apakah yang dimaksud dengan Kategori Famili?

Adalah peserta yang sekaligus mendaftarkan diri berempat terdiri, baik saudara sekandung atau kerabat dalam rentang usia sesuai ketentuan race ini.

5. Apa yang membedakan lomba ini dengan lomba lainnya?

Lomba lari MRT RUN adalah lomba lari merayakan satu tahun hadirnya MRT di Jakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya. Lomba ini sekaligus dimaksudkan sebagai bagian dari kampanye gaya hidup lebih baik dengan tagline #UbahJakarta. Lomba ini juga sekaligus menjadi satu kesatuan dengan kegiatan MRT Fest yang gelarannya akan berlangsung dengan pentas musik hingga malam hari di Parkir Timur GBK, Senayan, Jakarta. Juga akan terdapat pameran dan stand bazaar.

6. Apakah hanya WNI yang dapat mengikuti lomba?

Kepesertaan terbuka bagi WNI dan WNA dengan identitas diri KITAS maupun paspor.

7. Apakah kriteria untuk menjadi pemenang dalam lomba ini?

Pemenang ditentukan berdasarkan waktu tercepat sesuai dengan kedatangan atau ketibaan pelari di garis finish sesuai kategori; dan terkualifikasi dengan benar serta valid secara data kepesertaan, yang ditandai dengan kesamaan nomor dada dan data partisipan. Kategori pemenang di setiap kategori jarak terdiri atas, umum/open dan master, putra dan putri. Klasifikasi jumlah urutan pemenang akan dipilih sebanyak tiga (3) orang tercepat dari tiap kategori.

8. Apakah ada kategori khusus dalam lomba ini?

Ya, terdapat kategori master sebagai kategori khusus dalam lomba ini, yang dapat diikuti oleh Peserta  dengan usia di atas 45 tahun telah berusia tepat 45 tahun saat hari pelaksanaan lomba.

9. Apakah faktor yang akan mendiskualifikasi pemenang?

Untuk pelari tercepat, pemenang akan didiskualifikasi apabila ternyata tidak terdapat kesesuaian data dengan BIB yang dikenakan, memanipulasi data kepesertaan, menggunakan BIB orang lain, mengambil jalan pintas, tidak melengkapi diri dengan penanda check point yang disediakan panitia dan diberikan kepada setiap peserta pada titik tertentu di jalur lomba, menggunakan alat bantu misalnya kursi roda, sepatu roda atau roda built in atau alat bantu beroda lainnya, atau alat bantu lainnya yang dimaksudkan untuk mempercepat pelari tiba di finish line.

10. Berapa batas usia peserta lomba?

MRT RUN 2020 terbuka bagi seluruh khalayak, dewasa maupun anak-anak, yang meyakini diri memiliki kondisi fisik prima dan mampu berlari menyelesaikan kategori rute yang dipilihnya dengan baik. Peserta umum disarankan telah berusia minimal 13 tahun. Peserta Famili disarankan telah berusia di atas enam (6) tahun untuk peserta anak.

Peserta dengan usia 17 tahun ke bawah (6 tahun-16 tahun) wajib melengkapi diri dengan Surat Izin Orang Tua atau Parental Consent Form serta berlari dengan didampingi oleh orang dewasa yang juga mendaftarkan diri.

Batas maksimal umur peserta dewasa adalah 70 tahun dan atau diperkenankan di atas usia tersebut apabila disertakan dengan Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit dan atau dokter secara resmi.

11. Apakah diperbolehkan membawa hewan peliharaan?

Demi kenyamanan seluruh peserta MRT RUN 2020, maka peserta tidak diperbolehkan membawa hewan peliharaan.

12. Pada pukul berapakah kegiatan MRT RUN 2020 dimulai?

MRT RUN 2020 akan dimulai pagi pukul 05:00 WIB sampai dengan selesai. Waktu flag off kategori 10K adalah pukul 06:15, 5K pukul 06:30 dan 2,5K pukul 06:40. Harap peserta mengatur waktu ketibaan di lokasi lomba dengan bijak untuk dapat melakukan start tepat waktu. Pelari yang terlambat hanya diizinkan lepas start sampai dengan 3 (tiga) menit sesudah flag off. Apabila lewat dari tiga menit maka peserta harus tunduk pada peraturan yang berlaku terkait start time ini.

13. Berapa cut off time (COT) untuk masing-masing kategori?

Cut off time adalah 2,5 jam pada kategori 10K, 1,5 jam pada kategori 5K, dan 1 jam pada kategori 2,5K.

14. Apakah lomba ini tergolong trail run, road race, atau gabungan keduanya?

Lomba ini sepenuhnya road race. Lomba dilakukan di jalan beraspal permanen.

15. Bagaimana jika saya tidak dapat menyelesaikan lomba lari hingga akhir?

Untuk peserta yang cedera atau sakit, panitia menyediakan fasilitas mobil ambulans dan medik lapangan. Sedangkan bagi peserta yang melewati batas cut off time, panitia akan menyiapkan kendaraan untuk membawa peserta menuju lokasi finish.

1. Apakah pada nomor Bib peserta dilekatkan chip untuk mengukur waktu tempuh setiap peserta?

Ya, setiap nomor Bib peserta akan dilekatkan chip yang akan mengukur net time masing-masing peserta. Selain itu akan disediakan penanda check point untuk mendukung pencatatan waktu peserta. Data waktu tempuh (race result) akan ditampilkan melalui web mrtfest.com dan juga link tautan lain yang akan diumumkan kemudian.

2. Berapa jumlah water station yang ada di rute perlombaan?

10K                              : 4 water station

5K                                : 2 water station

2,5K                             : 1 water station

3. Apakah panitia menyediakan fasilitas penitipan barang?

Panitia menyediakan fasilitas penitipan barang (baggage drop) bagi peserta MRT RUN  2020 yang dapat dititipkan sejak dua jam sebelum flag off atau kegiatan lomba lari dimulai. Baggage drop akan ditutup paling lambat satu jam setelah acara dinyatakan selesai yang ditandai dengan kalimat penutup oleh MC atau maksimal pada pukul 10:30 WIB.

Barang yang dititipkan adalah barang yang berkaitan dengan kepentingan peserta saat berlomba. Tidak dibenarkan menitipkan barang dengan volume besar, misal koper dengan dimensi 18 inci ke atas. Peserta tidak disarankan untuk menitipkan barang berharga karena Panitia tidak akan bertanggung jawab atas kemungkinan tercecernya barang tersebut.

Peserta tidak berkeberatan atas prosedur pemeriksaan barang titipan yang dilakukan oleh panitia, baik melalui observasi visual maupun alat pendeteksi khusus.

4. Apakah disediakan refreshment?

Ya, disediakan fasilitas refreshement sesudah finish line. Peserta bisa mendapatkan air mineral, isotonik, pisang dan medali finisher (bagi peserta yang masuk finish sesuai COT).

5. Apakah disediakan jersey finisher?

Peserta tidak akan mendapat jersey finisher, namun akan mendapatkan running tee yang akan dibagikan saat jadwal pengambilan paket lomba (racepack collection)

6. Apakah disiapkan race result bagi peserta?

Ya, peserta akan mendapatkan info link untuk race result kegiatan lomba. Info alamat link tersebut akan diumumkan kemudian melalui kanal media yang ada dan akan ditautkan pada website resmi acara, mrtfest.com/mrtrun

1. Di mana saya bisa melakukan pendaftaran?

Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui link mrtfest.com/mrtrun

2. Berapa biaya untuk mengikuti MRT RUN?

Biaya pendaftaran adalah sebesar Rp 250.000,- untuk kategori 10K. Rp. 190.000,- untuk kategori 5K, dan Rp. 350.000,- untuk kategori famili.

Info terkait biaya pendaftaran dan gimmick-nya dapat dilihat pada mrtfest.com dan media sosial resmi MRT RUN 2020.

3. Apakah ada diskon khusus bagi komunitas atau pendaftaran secara berkelompok?

Tersedia diskon komunitas atau pendaftaran berkelompok untuk lima orang peserta, yang dapat dilakukan secara online. Masa diskon dan besaran diskon dapat dilihat langsung pada website mrtfest.com atau pada e-flyer yang akan disebarkan melalui email blast dan  ditayangkan melalui media sosial resmi MRT RUN 2020 serta media partner juga komunitas.

4. Apakah peserta bisa mengubah kategori lomba lari?

Peserta yang sudah mendaftarkan diri pada kategori tertentu pada saat registrasi, tidak dapat mengubah kategori lombanya.

5. Apakah ada pengembalian uang jika peserta tidak jadi mengikuti perlombaan?

Tidak ada pengembalian uang bagi peserta yang tidak jadi mengikuti perlombaan, baik membatalkan pada masa dibukanya pendaftaran ataupun pada saat race pack collection dan pada Hari-H dengan alasan apapun.

6. Apakah nomor dada kepesertaan atau Bib number bisa dipindahtangankan?

Nomor dada tidak dapat dialihkan kepada pihak lain. Panitia tidak bertanggung jawab atas nomor dada kepesertaan yang digunakan tidak sesuai dengan data yang dimiliki panitia. Hadiah hanya berlaku bagi pemilik sah nomor dada atau Bib kepesertaan yang dibuktikan dengan tanda pengenal diri resmi.

7. Bagaimana saya tahu bahwa pendaftaran saya telah berhasil?

Peserta akan mendapat email konfirmasi melalui alamat email peserta yang terdaftar pada saat pendaftaran dan dapat melihat namanya di daftar peserta yang tertera pada website mrtfest.com maksimal dalam waktu 2X24 jam sejak peserta melakukan pendaftaran.

8. Apa yang sebenarnya terjadi apabila saya belum mendapatkan email konfirmasi pendaftaran?

Jika dalam batas waktu 2X24 jam setelah melakukan pendaftaran, peserta belum mendapat email konfirmasi pendaftaran pada alamat email peserta yang terdaftar pada saat pendaftaran, maka terlebih dulu peserta melakukan pemeriksaan pada fitur junkmail atau spam pada alamat email masing-masing peserta, jika email konfirmasi tetap tidak diterima, maka silakan melakukan konfirmasi melalui email info@mrtfest.com. Serta dapat pula melakukan pemeriksaan kembali pada data pendaftaran untuk memeriksa apabila ternyata melakukan kesalahan penulisan alamat email. Panitia menyarankan peserta menggunakan nama alamat email standar untuk menghindari potensi sistem gagal membaca alamat email Anda. Dengan demikian agar menghindari penggunaan huruf atau tanda baca yang tidak lazim digunakan sebagai alamat email.

Peserta agar menuliskan alamat email dengan benar dan akurat untuk menghindari masalah dalam hal ini.

9. Bagaimana jika saya belum melakukan pembayaran?

Pembayaran dapat dilakukan maksimal 1×24 jam untuk pendaftaran Early Bird dan 2X24 jam untuk pendaftaran regular; setelah dilakukan pendaftaran. Apabila tidak melakukan pembayaran sesuai ketentuan tersebut maka nama peserta akan terhapus dari daftar peserta yang tertera  pada sistem, dan calon peserta harus melakukan pendaftaran ulang apabila tetap akan mengikuti lomba ini.

10. Bagaimana jika saya belum memiliki KTP?

Bagi peserta di bawah usia 17 tahun, dapat menggunakan kartu pelajar dan atau melampirkan KTP orang tua.

1. Apakah terdapat pendaftaran khusus?

Ya akan disiapkan pendaftaran khusus secara semi online pada sejumlah stasiun MRT Jakarta yang lokasinya akan diumumkan kemudian.

2. Apakah terdaftar pendaftaran komunitas atau kolektif?

Ya akan dilakukan pendaftaran komunitas atau kolektif secara online yang waktunya akan diumumkan kemudian.

1. Kapan pengambilan racepack dapat dilakukan?

Akan diinfo kemudian.

2. Di mana lokasi pengambilan racepack ?

Lokasi pengambilan racepack dilakukan di Jakarta dengan lokasi yang akan diinfokan kemudian

3. Apakah pengambilan racepack dapat diwakilkan?

Pengambilan racepack dapat diwakilkan dengan menunjukkan surat kuasa asli bermaterai dari peserta yang terdaftar, serta fotokopi atau soft copy email racepack collection dan fotokopi atau soft copy kartu identitas pendaftar dan dilengkapi dengan fotokopi kartu identitas pengambil dan identitas asli pengambil yang harus ditunjukkan kepada petugas RPC.

4. Apakah bisa pengambilan racepack dilakukan saat Hari-H?

Tidak ada pengambilan racepack saat hari pelaksanaan lomba atau Hari-H.

1. Apakah saya akan mendapatkan medali ?

Semua peserta yang dapat menyelesaikan lomba lari dalam waktu yang ditentukan dan menyelesaikan lomba di bawah cut off time, akan mendapatkan medali finisher dan bagi para juara dan pemenang akan mendapat tambahan winner medal.

2. Berapa jumlah peserta yang diambil menjadi juara dan pemenang podium?

Juara dan Pemenang adalah mereka yang dapat menyelesaikan lomba dengan waktu tercepat sesuai gun time dengan berdasarkan waktu ketibaan per kategorinya, untuk laki-laki dan perempuan, dari juara pertama hingga pemenang ketiga.

 

3. Apakah disediakan hadiah untuk pemenang podium?

Ya, terdapat hadiah yang akan diberikan kepada peserta secara transfer maksimal tiga hari sesudah pelaksanaan lomba dan dalam keadaan data administrasi sudah dilengkapi oleh juara dan pemenang yang berhak.

 

1. Apakah tersedia fasilitas medis di lapangan pada saat lomba?

Untuk memastikan kebutuhan medik peserta di lapangan tersedia dengan baik, panitia menyiapkan dokter lapangan dan petugas medis pendukung lainnya di race central dan di sejumlah titik sepanjang lintasan.

2. Apakah yang harus disiapkan peserta terkait kondisi kesehatan diri dalam mengikuti lomba ini?

Peserta harus menyadari bahwa kegiatan ini memiliki risiko, maka peserta diharapkan telah mempersiapkan diri baik secara fisik dan mental, dan hanya melakukan start dalam kondisi fisik dan mental prima.

Apabila Panitia menjumpai peserta dalam kondisi fisik tidak prima dan tidak layak mengikuti lomba, maka Panitia akan menghentikan peserta untuk mengikuti lomba dan mencabut nomor dada peserta, serta tidak bertanggung jawab apabila peserta tetap memaksakan diri melakukan start dan atau meneruskan lomba.

1. Apakah pelari dilindungi asuransi?

Ya, seluruh pelari akan mendapat perlindungan asuransi. Detail asuransi akan diinfokan lebih lanjut di mrtfest.com Peserta juga diwajibkan memahami, membaca dan menyetujui waiver letter yang berisi kondisi tanggung jawab Panitia terhadap peserta dikaitkan dengan perlindungan asuransi yang menjadi bagian dari tanggung jawab Panitia terhadap peserta.

1. Bagaimana cara Peserta menjangkau lokasi?

Tengah disiapkan skema khusus bagi Peserta untuk menjangkau lokasi dengan menggunakan MRT Jakarta.

2. Apabila Peserta membawa kendaraan, apakah tersedia area parkir khusus?

Peserta yang membawa kendaraan akan disarankan Park & Ride pada wilayah kantung parkir yang akan ditetapkan kemudian pada sejumlah Stasiun MRT Jakarta. Peserta menjangkau lokasi lomba dengan menggunakan MRT Jakarta saja.

3. Bagaimana Peserta mengetahui hal ini?

Info ini akan diumumkan kemudian melalui e-flyer dan email, serta akan tertera dalam race guide yang akan dibagikan pada saat RPC.

1. Apakah terdapat kerja sama dengan penginapan sekitar untuk peserta?

Tidak disediakan secara khusus, namun terdapat banyak penginapan yang dapat diakses dengan mudah di sekitar lokasi lomba.

1. Apakah disediakan musala di race village atau di sepanjang rute?

Ya, disediakan musala di race village yang dapat diakses peserta untuk melaksanakan ibadah shalat subuh.

2. Apakah disediakan tenda bagi pelari?

Ya, terdapat tenda khusus bagi para pelari berlokasi di race village. Sebagian berupa tenda aktivasi yang terbuka bagi pelari.

3. Apakah disediakan toilet di rute perlombaan?

Toilet portable akan disediakan di race central dan rute lari.

1. Apakah saya harus mengenakan jersey lomba MRT RUN 2020 saat berlomba?

Diharapkan peserta mengenakan jersey lomba MRT RUN 2020 saat berlomba.

1. Apakah akan ada pacer bagi pelari?

Akan disiapkan Tim Pelari Sabar (sweeper). Tim pelari sabar akan berlari 10 menit sesudah flag off kategori 2,5K. Tim pelari sabar akan bertindak sebagai tim sweeping untuk memastikan tidak ada pelari yang tertinggal di lintasan lari pada saat COT.

1. Apakah hal yang harus dipatuhi peserta selama berlomba dan berada di area lomba?

Setiap peserta diwajibkan menghormati dan menghargai peserta lainnya, tidak memancing dan atau menimbulkan hal yang tidak nyaman, atau melakukan tindakan yang akan berpotensi menimbukan kerusuhan.

Peserta dilarang mengenakan alat bantu dalam berlari, seperti sepeda, in-line skate, kereta dorong, sepatu dengan rol built-in atau alat bantu beroda lainnya yang dapat mempercepat langkah pelari.

Pengecualian bagi:

  • Peserta penyandang disabilitas yang mengambil kategori 2,5K atau Famili diperkenankan menggunakan alat bantu diri termasuk kursi roda.
  • Peserta Famili dengan salah satu atau lebih anggota keluarga membutuhkan alat bantu berupa kereta bayi atau kereta anak di bawah usia lima tahun, diperkenankan membawa alat bantu beroda sesuai fungsi tersebut.

Peserta agar menjaga fasilitas umum dan tidak melakukan perusakan fasilitas umum sepanjang berada di lokasi lomba dan lintasan.

Dalam mengambil refreshment, menggunakan fasilitas wudhu dan musala serta toilet portable agar peserta melakukan sistem antre satu line/tempat.

2. Tindakan apakah yang akan diambil apabila peserta melanggar ketertiban?

Setiap perbuatan yang menjurus pada upaya melanggar ketertiban akan diatasi oleh tim keamanan dan setiap perbuatan kriminal akan disalurkan penyelesaiannya secara hukum.

3. Apakah kewajiban peserta terkait kebersihan dan ketertiban selama MRT RUN 2020 berlangsung?

Peserta wajib menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan baik pada race central maupun di lintasan lari. Silakan memanfaatkan tempat sampah yang sudah disediakan. Atau menyerahkan sampah kepada petugas kami yang secara aktif akan berkeliling memungut sampah.

Peserta tidak diperkenankan merokok pada area lomba baik di race central mapun di lintasan lari.

Peserta diharapkan berlaku sopan untuk menjaga kenyamanan sesama pelari dan pihak lain yang terkait selama berlangsungnya lomba.