MRT Run 2020

Sebuah kota yang maju, bukanlah kota yang sebagian besar masyarakatnya menggunakan kendaraan pribadi, melainkan kota di mana masyarakatnya terbiasa menggunakan transportasi publik sehari-hari.” Enrique Penalosa – Walikota Bogota 1998 – 2001.

Runners, salam #UbahJakarta!

Jakarta adalah kota penuh daya tarik bagi banyak orang, baik untuk berbisnis, bekerja, atau mencari lokasi hiburan. Oleh karena itu, pada setiap tahunnya jumlah pendatang di Jakarta terus mengalami peningkatan.

Hal tersebut menimbulkan konsekuensi logis pada kota, di antaranya meningkatnya aktivitas warga dengan mobilitas tinggi. Kondisi saat ini menuntut Jakarta berubah menjadi lebih baik demi memenuhi kebutuhan warga. Dan, salah satu yang terpenting adalah mengubah Jakarta dari sisi transportasi.

Berangkat dari semangat itu maka MRT Jakarta lahir, dan kini memasuki masa satu tahun beroperasi secara komersial dengan posisi sebagai sarana transportasi publik yang cepat, aman, nyaman, dan dapat diandalkan.

Sebagai bagian dari semangat kami untuk menjadikan Jakarta lebih baik maka pada awal tahun 2020 ini, kami persembahkan MRT RUN 2020 sebagai rangkaian acara dari MRT Fest 2020. Kegiatan ini menjadi salah satu upaya kami untuk terus melakukan kampanye bijak #UbahJakarta.

Lomba lari jalan raya ini kini kami kemas dengan kualitas tinggi dan memenuhi standar lomba lari jalan raya secara profesional meskipun tetap mengusung nuansa gembira. Jalur lari akan melewati sejumlah stasiun dan lintasan transisi MRT Jakarta. Demi hasil yang maksimal semua itu disiapkan dengan perencanaan dan pengelolaan yang matang dan terukur.

Runners, mari bergabung pada 21 Maret 2020 dalam MRT RUN 2020 dan nikmati keseruan MRT Fest 2020 dengan segala kemeriahannya. Dan, pastikan race ini menjadi bagian seru pengalaman berlari Anda pada 2020 ini.

Selamat berlari, dan jadilah bagian dari MRT RUN 2020 untuk #UbahJakarta.

Sampai berjumpa di garis start!

Tentang MRT Run 2020


Lokasi
Plaza Timur, GBK


Tanggal Acara
21 Maret 2020


Email
info@mrtfest.com


Waktu
05.00 AM

Informasi Umum

  • Kategori lomba MRT RUN 2020 adalah 10K, 5K, dan 2,5K.
  • Dalam lomba terdapat rute sesuai dengan kategori.
  • Setiap peserta telah memilih kategori lomba yang akan ditempuh pada saat melakukan registrasi.
  • Peserta tidak diizinkan mengubah kategori lomba sebagaimana yang telah dipilih pada saat registrasi.
  • Kelas lomba terdiri dari Umum dan Master 45+ (atau telah tepat berusia 45 tahun pada saat berlangsungnya lomba).
  • MRT RUN 2020 terbuka diikuti oleh WNI, maupun WNA (Pemegang Kitas/paspor)
  • Usia peserta minimal 13 tahun (untuk kategori 10K & 5K) dan maksimal 70 tahun.
  • Usia peserta minimal 6 tahun untuk dua (2) orang anak pada kategori famili. Anak dengan usia 6 tahun kebawah dipersilakan mengikuti lomba kategori famili, dengan tanggung jawab sepenuhnya oleh orang tua.
  • Peserta dengan usia di bawah 13 tahun apabila bermaksud akan meraih podium juara atau pemenang, maka hanya diperkenankan berlomba pada Kategori 5K.
  • Peserta dengan usia di bawah 13 tahun yang berlomba pada Kategori 10K dan mendapat posisi Potential Winner, maka secara otomatis akan mendapat diskualifikasi.
  • Peserta di luar usia yang ditentukan tersebut wajib menyerahkan surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh dokter dan atau rumah sakit.
  • Peserta kategori pelajar di bawah usia 17 tahun (6 tahun – 16 tahun) wajib melengkapi diri dengan persetujuan orang tua dengan membuat Persetujuan Orang Tua tertulis (Parental Consent Form) yang dapat diisi formnya pada saat racepack collection.
  • Sebelum mengikuti MRT RUN 2020, Peserta disarankan untuk memeriksakan kondisi medis. Panitia berhak (tetapi tidak wajib) untuk menolak Peserta ataupun menghentikan Peserta jika dianggap tidak layak dari sisi kesehatan untuk mengikuti lomba.
  • Peserta MRT RUN 2020 wajib memberikan informasi tentang kepesertaan secara benar, akurat, terkini dan menyeluruh sebagaimana disyaratkan dalam formulir pendaftaran. Pendaftaran peserta tidak dapat dialihkan ataupun dialihnamakan kepada peserta lain. Kesalahan pengisian data ataupun pengalihan kepesertaan mengakibatkan diskualifikasi terhadap peserta (baik untuk kegiatan ini maupun kegiatan di masa yang akan datang). Pengalihan kepesertaan juga berakibat Peserta tidak dapat mengajukan klaim asuransi.
  • Pihak penyelenggara MRT RUN 2020 berhak menghubungi peserta sewaktu-waktu melalui surat elektronik atau Whatsapp text resmi panitia. Surat pemberitahuan dikirim ke alamat surat elektronik yang terdaftar pada pihak penyelenggara akan disamakan dengan yang diterima oleh peserta.
  • MRT RUN 2020 akan dibatalkan jika timbul hal-hal di luar kendali pihak penyelenggara (termasuk hujan deras, badai, musibah, munculnya wabah penyakit berbahaya, demonstrasi besar dan masif, tidak dikeluarkannya izin lomba, ataupun alasan lainnya). Dalam hal MRT RUN 2020 dibatalkan karena hal-hal di luar kendali panitia, maka uang biaya pendaftaran tidak dikembalikan dan penyelenggara tidak bertanggung jawab atas kerugian atau ketidaknyamanan yang timbul.
  • Penyelenggara MRT RUN 2020 tidak wajib mengembalikan biaya pendaftaran jika peserta terkena diskualifikasi karena alasan apapun.
  • Penyelenggara MRT RUN 2020 tidak menyediakan penginapan/akomodasi bagi peserta namun terdapat banyak penginapan di sekitar lokasi lomba yang dapat diakses oleh peserta.
  • Penyelenggara MRT RUN 2020 menyiapkan baggage drop, dan peserta agar mematuhi peraturan untuk tidak menitipkan barang berharga dan atau barang yang tidak lazim dibawa ke lokasi lomba lari. Panitia tidak bertanggung jawab atas tercecernya barang berharga tersebut.
  • Peserta MRT Run akan difasilitasi secara tertentu, yang teknisnya akan disampaikan kemudian dalam menjangkau lokasi lomba tanpa membawa kendaraan pribadi, melainkan dengan menggunakan MRT dan check out pada Stasiun Istora Mandiri pada pagi hari sebelum waktu lomba berlangsung.
  • Masing-masing Peserta MRT RUN 2020 akan menerima Paket Lomba. Paket Lomba berisi antara lain nomor lomba (bib). Bib adalah pengenal spesifik Peserta. Pada setiap Bib akan dilekatkan timing chip.
  • Agar peserta melakukan test Bib dengan scanner pada tempat yang disediakan di lokasi Race Pack Collections.
  • Peserta MRT RUN 2020 dapat mengambil Paket Lomba dengan menunjukan softcopy/hardcopy email race pack collection yang akan diterima oleh masing-masing peserta melalui email maksimal dua hari sebelum acara race pack collection dan membawa kartu identitas.
  • Paket Lomba (race pack) wajib diambil sesuai dengan data yang akan diinformasikan saat menerima email race pack collection.
  • Pengambilan paket lomba dapat diwakilkan dengan syarat membawa softcopy/hardcopy email race pack collection peserta dan copy kartu identitas peserta, serta membawa surat kuasa bermaterai dari peserta, diperbolehkan format masing-masing.
  • Penyelenggara MRT RUN 2020 tidak menyediakan fasilitas pengiriman paket lomba melalui pos dan atau jasa antar barang/ekspedisi.
  • Tidak disediakan pelayanan pengambilan paket lomba pada tanggal di luar yang telah ditentukan. Dan juga paket lomba tidak dapat diambil pada hari perlombaan.
  • Peserta yang tidak mengambil paket pada waktu dan hari yang ditentukan atas risikonya sendiri akan kehilangan hak atas paket lomba dan juga lomba itu sendiri.
  • Peserta MRT RUN 2020 diharapkan mengenakan jersey resmi lomba.
  • Peserta wajib mengenakan kostum lari yang wajar dan layak baik dari sisi kenyamanan maupun estetika serta sopan santun yang berlaku umum.
  • Peserta MRT RUN 2020 wajib melekatkan nomor Bib di dada atau pada tempat yang mudah terlihat dari depan, dan dalam keadaan tidak berplastik pembungkus.
  • Setiap bib peserta tidak dapat dialihkan kepada pihak lain. Pengalihan nomor lomba dapat berakibat peserta terkena diskualifikasi.
  • Flag Off akan dilakukan pada pukul 06:00 WIB pada kategori 10K, diikuti oleh kategori 5K dan 2,5K berselang setiap 10 menit sesudahnya. Alat penanda waktu akan terdapat di  start line dan finish line.
  • Untuk kenyamanan berlari, peserta MRT RUN 2020 wajib sudah bersiap pada line up menuju start line 30 menit sebelum flag off.
  • Untuk seluruh kategori berlaku batas waktu lomba/cut off time; 2,5 jam pada kategori 10K, 1,5 jam pada kategori 5K, dan 1 jam pada kategori 2,5K; yang dihitung sejak waktu perlombaan dimulai (gun-time) pada masing-masing kategorinya. Persyaratan batas waktu lomba kegiatan berlaku terhadap semua kategori.
  • Peserta diberikan toleransi keterlambatan start sampai dengan tiga (3) menit untuk setiap kategori. Peserta yang melampaui batas waktu tersebut wajib mengikuti ketentuan start pada keadaan datang terlambat dengan mengikuti waktu start kategori berikutnya dan atau terkena diskualifikasi.
  • Check point akan ditempatkan di start line, titik tertentu di rute lomba, dan di finish line. Check point terdiri atas split time/sensor matt, dan penanda (pita kalung/lanyard). Setiap peserta wajib mengambil penanda di setiap check point yang dilengkapi.
  • Penentuan juara dan pemenang MRT RUN 2020 ditentukan berdasarkan waktu tercepat berdasarkan kedatangan (gun time) pada masing-masing kategori, gender dan kelas.
  • Timing-chip merupakan alat pencatat yang umum digunakan dalam lomba lari. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu, timing chip mungkin saja dapat tidak terbaca oleh sensor (akibat bib tertekuk, atau alat terendam ataupun kesalahan sistem). Dalam hal tidak terbaca, maka catatan waktu peserta tidak dapat dilihat pada hasil lomba. Dengan demikian, peserta agar dapat menjaga dengan baik timing chip pada bib masing-masing.
  • Peserta MRT RUN 2020 dilarang melakukan kecurangan seperti mengganggu/menghadang/mendorong/mengintimidasi peserta lain baik dengan sikap, perbuatan maupun perkataan, dan dilarang dengan berjalan menghadang atau menghalang di depan peserta lain, mencari keuntungan waktu dengan berlari memperpendek jarak lomba, menggunakan kursi roda, in-line skating, membonceng kendaraan, menggunakan alat bantu beroda lainnya, dopping, memperoleh bantuan dari orang lain, atau menggunakan bib palsu. Panitia akan mendiskualifikasi peserta yang melakukan kecurangan.
  • Bagi peserta penyandang disabilitas yang mengambil kategori 2,5K atau Famili diperkenankan menggunakan alat bantu diri termasuk kursi roda.
  • Bagi peserta Famili dengan salah satu atau lebih anggota keluarga membutuhkan alat bantu berupa kereta bayi atau kereta anak di bawah usia lima tahun, diperkenankan membawa alat bantu beroda sesuai fungsi tersebut.
  • Setiap peserta MRT RUN 2020 hanya diizinkan mendaftarkan diri dan berlomba dalam satu kategori saja.
  • Panitia MRT RUN 2020 menyediakan water stations yang terletak di beberapa titik di sepanjang lintasan lomba sesuai kategori jarak.
  • Keamanan jalan raya di bawah pengendalian Pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan setempat yang dikoordinasi oleh Penyelenggara yang menempatkan petugas marshal di sejumlah titik.
  • Layanan kesehatan akan diberikan oleh panitia dan petugas resmi di sepanjang lintasan lomba. Panitia bekerjasama dengan rumah sakit setempat dan atau rumah sakit yang dirujuk sponsor. Petugas kesehatan dapat menghentikan peserta untuk melanjutkan lomba dikarenakan alasan kesehatan.
  • Apresiasi pelari tercepat terdiri dari juara dan pemenang masing-masing kategori umum dan master, gender (putra dan putri). Peserta master adalah mereka yang telah berusia 45 tahun atau telah secara bulat mencapai usia 45 tahun pada saat berlangsungnya lomba). Pemenang hanya berhak memperoleh satu hadiah.
  • Hanya pemenang yang: (a) tidak didiskualifikasi; dan (b) memiliki pengenal diri (KTP/SIM/KITAS/Paspor) berisi data sesuai dengan nomor lomba (bib); yang berhak menjadi juara dan pemenang serta mendapatkan hadiah. Jika data pemenang dan data nomor lomba (bib) tidak sesuai, maka peserta tersebut didiskualifikasi dan tidak mendapatkan hadiah.
  • Hadiah berupa uang bagi para pemenang akan diberikan oleh penyelenggara MRT RUN 2020, dengan tenggang waktu maksimal tiga hari kerja, dengan catatan syarat data peserta terpenuhi. Hadiah lomba akan dikenakan pajak sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Seluruh materi foto, rekaman film peserta, beserta turunannya, dalam bentuk promosi maupun fotografi, pada saat lomba adalah milik Panitia dan dapat dipergunakan seluas-luasnya untuk kepentingan promosi dan lebih lanjut.
  • Hal-hal lain yang belum tercantum dalam peraturan ini akan ditetapkan kemudian. Penyelenggara berhak melakukan penyesuaian dan modifikasi atas aturan lomba jika dipandang perlu. Segala penyesuaian dan modifikasi akan dilakukan dengan pemberitahuan kepada peserta.